Home » » UTP Unshielded Twisted Pair

UTP Unshielded Twisted Pair

1. Pengertian UTP (Unshielded Twisted Pair)

Kabel UTP atau kabel unshielded twisted pair adalah kabel yang biasa digunakan untuk membuat jaringan atau network computer. UTP merupakan jenis kabel yang paling umum yang sering digunakan di dalam jaringan local (LAN), Kabel UTP memiliki banyak keunggulan. Selain mudah dipasang,ukurannya kecil, juga harganya lebih murah jika dibandingkan dengan media lain , kinerja yang relatif bagus. Satu kekurangan dari kabel UTP adalah rentan terhadap efek interferensi elektris/elektromagnetik yang berasal dari media atau perangkat-perangkat di sekelilingnya. Meski begitu,pada prakteknya banyak para administrator jaringan banyak menggunakan kabel ini sebagai media yang efektif dan cukup diandalkan. Di dalam kabel UTP ini ada 8 buah kabel warna, yang digunakan untuk instalasi jaringan dan juga untuk mengirim dan menerima data (Ethernet), Dan setiap warna dan lilitan memiliki jumlah lilitan dan resisten yang berbeda dalam menghantarkan arus data. Sehingga urutan ini sangat penting.

Dari 8 kabel (4 pair) UTP kabel, yang terpakai sebetulnya hanya 4 kabel (dua pair) dua kabel untuk TX atau transfer data dan dua kabel untuk RX atau menerima data. Walaupun hanya empat kabel yang terpakai, kita tidak boleh sembarangan mengambil kabel mana saja yang akan dipakai. Kabel yang dipakai haruslah dua pair atau dua pasang. Tanda kabel satu pasang adalah kabel tersebut saling melilit dan memiliki warna / stripe yang sama. dimana tiap-tiap pasang kabel di pilin secara spiral atau saling berlilitan satu sama lainnya. (Twisted Pair) . 8 pasang kabel yang terdapat di dalam kabel UTP berupa kabel tembaga tunggal yang berisolator. Kabel ini tidak dilengkapi dengan pelindung (Unshielded) sehingga kurang tahan terhadap interferensi elektromagnetik. Untuk bisa menghubungkan berbagai perangkat jaringan, kabel UTP harus dilengkapi dengan konektor 8P8C atau yang biasa di sebut dengan RJ-45 atau RJ-11 (RJ=Register Jack). Menurut standar TIA/EIA-568-B pasangan kabel yang dipakai adalah pasangan orange-orange putih dan hijau-hijau putih. Sementara pin yang dipakai dari delapan pin yang dimiliki RJ-45 yang terpakai adalah Pin nomor 1-2-3-6 sementara nomor 4-5-7-8 tidak terpakai untuk transfer dan receive data Kabel UTP memiliki beberapa kategori, dan masing-masing kategori memiliki fungsi yang berbeda.



2. Type / Tipe kategori Kabel UTP / Unshielded Twisted Pair


· Kategori 1

Kabel UTP Kategori 1 adalah kabel UTP dengan kualitas transmisi terendah, yang didesain untuk mendukung komunikasi suara analog saja. Kabel ini digunakan sebelum tahun 1983 untuk menghubungkan telepon analog Plain Old Telephone Service (POTS). Karakteristik kelistrikan dari kabel kategori 1 membuatnya kurang sesuai untuk digunakan sebagai kabel untuk mentransmisikan data digital di dalam jaringan komputer, dan karena itulah tidak pernah digunakan untuk tujuan tersebut.

· Kategori 2

Kabel UTP Kategori 2 adalah kabel UTP dengan kualitas transmisi yang lebih baik dibandingkan dengan kabel UTP yang pertama, yang didesain untuk mendukung komunikasi data dan suara digital. Kabel ini dapat mentransmisikan data hingga 4 megabit per detik. Seringnya, kabel ini digunakan untuk menghubungkan node-node dalam jaringan dengan teknologi Token Ring dari IBM. Karakteristik kelistrikan dari kabel kategori 2 kurang cocok jika digunakan sebagai kabel jaringan masa kini. Gunakanlah kabel yang memiliki kinerja tinggi seperti kategori 3, kategori 4, atau kategori 5.

· Kategori 3

Kabel UTP Kategori 3 adalah kabel UTP dengan kualitas transmisi yang lebih baik dibandingkan dengan kabel UTP kategori 2, yang didesain untuk mendukung komunikasi data dan suara pada kecepatan hingga 10 megabit per detik. Kabel UTP kategori 3 menggunakan kawat-kawat tembaga 24-gauge dalam konfigurasi 4 pasang kawat yang dipilin (twisted-pair) yang dilindungi oleh insulasi. kategori 3 merupakan kabel yang memiliki kemampuan terendah (jika dilihat dari perkembangan teknologi Ethernet), karena memang hanya mendukung jaringan 10BaseT saja. Seringnya, kabel jenis ini digunakan oleh jaringan IBM Token Ring yang berkecepatan 4 megabit per detik, sebagai pengganti Kategori 2.



· Kategori 4

Kabel UTP Kategori 4 adalah kabel UTP dengan kualitas transmisi yang lebih baik dibandingkan dengan kabel UTP kategori 3, yang didesain untuk mendukung komunikasi data dan suara hingga kecepatan 16 megabit per detik. Kabel ini menggunakan kawat tembaga 22-gauge atau 24-gauge dalam konfigurasi empat pasang kawat yang dipilin (twisted pair) yang dilindungi oleh insulasi. Kabel ini dapat mendukung jaringan Ethernet 10BaseT, tapi seringnya digunakan pada jaringan IBM Token Ring 16 megabit per detik.

· Kategori 5

Kabel UTP Kategori 5 adalah kabel dengan kualitas transmisi yang jauh lebih baik dibandingkan dengan kabel UTP kategori 4, yang didesain untuk mendukung komunikasi data serta suara pada kecepatan hingga 100 megabit per detik. Kabel ini menggunakan kawat tembaga dalam konfigurasi empat pasang kawat yang dipilin (twisted pair) yang dilindungi oleh insulasi. Kabel ini telah distandardisasi oleh Electronic Industries Alliance (EIA) dan Telecommunication Industry Association (TIA).

Kabel kategori 5 dapat mendukung jaringan Ethernet (10BaseT), Fast Ethernet (100BaseT), hingga Gigabit Etheret (1000BaseT). Kabel ini adalah kabel paling populer, mengingat kabel serat optik yang lebih baik harganya hampir dua kali lipat lebih mahal dibandingkan dengan kabel kategori 5. Karena memiliki karakteristik kelistrikan yang lebih baik, kabel kategori 5 adalah kabel yang disarankan untuk semua instalasi jaringan.


3. Pemasangan Kabel UTP

Ada dua jenis pemasangan kabel UTP yang umum digunakan pada jaringan local, ditambah satu jenis pemasangan khusus untuk cisco router, yakni :

1. Pemasangan Lurus (Straight Through Cable)

2. Pemasangan Menyilang (Cross Over Cable), dan

3. Pemasangan rol/melingkar (Roll Over Cable)



* CROSS CABLE 



Berbeda dengan pemasangan kabel lurus (straight through) , pengunaan kabel menyilang ini digunakan untuk komunikasi antar komputer (langsung tanpa HUB), atau dapat juga digunakan untuk meng-cascade HUB jika diperlukan. dan jaringan yang mengunakan cable cross sering disebut juga Pear to Pear. Sekarang ini ada beberapa jenis HUB yan dapat di-cascade tanpa harus mengunakan kabel menyilang (cross over),tetapi juga dapat menggunakan kabel lurus.



* STRAIGHT THROUGHT CABLE 



Jenis ini digunakan untuk menghubungkan beberapa unit komputer melalui perantara Switch/HUB yang berfungsi sebagai konsentrator maupun repeater. Pengunaan kabel UTP model straight through pada jaringan lokal biasanya akan membentuk topologi star (bintang) atau tree (pohon) dengan HUB/switch sebagai pusatnya. Jika sebuah HUB/switch tidak berfungsi,maka seluruh kompter yan terhubung denan HUB tersebut tidak dapat saling berhubungan. Pengunaan HUB harus sesuai dengan kecepatan dari Ethernet Card yang digunakan pada masing-masing computer



* ROLL OVER CABLE



Pada sisttem CISCO,ada satu cara lain pemasangan kabel UTP yang digunakan untuk menghubungkan sebuah terminal dan modem Cisco Router seri 2500 Access Server. cara ini disebut dengan Roll-Over. Kabel Roll-Over tersebut sebelumnya terkoneksi dengan DB-25 Adapter.

Untuk mengenali sebuah kabel roll-over adalah dengan melihat kedua ujung kabel. Warna kabel dari sisi yang satu akan berbalik pada sisi kabel di jung yang lain. Misalnya kabel putih orane yan berada pada pin 1 ujung kabel A akan berada pada pin 8 ujung kabel B.

4. Peralatan Yang Digunakan Untuk Membuat Kable LAN

Peralatan Yang Di gunakan Untuk Membuat Kable Lan Pada Umumnya terdiri dari:

· Tang Crimping

· Cable UTP

· LAN TESTER

· RJ45

Untuk Lebih Jelas Mengenai Bentuk Dari Alat tersebut dapat Dilihat Pada Gambar dibawah ini .

http://rian-share4u.blogspot.com/2012/09/utp-unshielded-twisted-pair.html

Written by : Ryan - find more than your imagine

Crystal Disk Info adalah sebuah Software yang akan menampilkan informasi lengkap terhadap HDD/SDD. Crystal Disk Info akan memonitor hardisk secara detail mulai dari firmware, serial number, interface, ukuran disk, mode transfer, ukuran buffer dan masih banyak lagi. yang terpenting dari Crystal Disk Info ialah software ini akan memberitahu suhu Hardisk, tingkat kesalahan, dan juga kesehatan dari hard drive kamu.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

0 komentar:

Poskan Komentar

jangan omment dalam bentuk sara, rasis, mapun mengandung spam